Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo sahabat blogger😁 kembali lagi bersama saya Risa Apriani, kali ini saya akan memberikan konten mengenai contoh media pembelajaran. Yuu simak terus 


Media Audiovisual sebagai Media Pembelajaran


Tugas ini diajukan untuk memenuhi tugas individu Mata Kuliah Manajemen Sumber Belajar yang disusun oleh :


Nama : Risa Apriani

Prodi/ Semester : MPI / 3

NIM : 1920.04.013

Dosen pengampu : Bapak M. Robie Awaluddin, S.M. Pd


Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Institut Agama Islam Sahid Bogor




Mungkin sahabat blogger semuanya sudah ada yang tau apa itu media pembelajaran. Tapi untuk lebih jelasnya lagi yuk simak terus artikel ini sampai selesai.

Pengertian media pembelajaran secara umum bisa diartikan sebagai alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan.

Banyak sekali jenis media pembelajaran dan macamnya. Sahabat blogger bisa memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran yang ada untuk menunjang proses belajar. Apalagi di zaman sekarang ini peran teknologi sudah tmasuk ke berbagai aspek, termasuk dunia pendidikan.

Media pembelajaran berfungsi di antaranya adalah untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Pada kenyataannya, media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran. 

Nah kali ini saya akan memberikan contoh media pembelajaran yaitu menggunakan media audiovisual. Apa sih media audiovisual itu ?

Media audio visual merupakan media yang dapat menyajikan gambar bergerak, warna dan disertai penjelasan berupa tulisan dan suara.Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran merupakan salah satu perencanaan yang telah seorang guru siapkan untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan dapat memotivasi siswa dalam belajar.

Jenis media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Ditinjau dari karakteristiknya media audio visual dibedakan menjadi 2 yaitu madia audio visual diam, dan media audio visual gerak.

Media audio-visual terdiri atas audio-visual diam, yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti film bingkai suara (sound slide), film rangkai suara. Audio-visual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video cassette. Dan dilihat dari segi keadaannya, media audio visual dibagi menjadi audio visual murni yaitu unsur suara maupun unsur gambar berasal dari suatu sumber seperti film audio cassette. Sedangkan audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan gambarnya berasal dari sumber yang berbeda, misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya bersumber dari slide proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape recorder.

Nah kali ini materi pembelajaran yang di gunakan dalam media audiovisual yaitu 


Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik )

Kelas/ Semester : VIII/Satu


Dalam kegiatan inti pembelajaran Peserta didik menyaksikan video pembelajaran tentang jenis-jenis alat musik tradisional berdasarkan bunyinya secara kelompok dengan teknik dasar yang baik dan benar. 

Setelah menyaksikan video Mengumpulkan Informasi tentang teknik bermain musik tradisional dan sumber-sumber yang lain untuk menemukan macam-macam alat musik tradisional Indonesia, jenis-jenis alat musik tradisional berdasarkan bentuk, fungsi dan sumber bunyinya serta menemukan teknik dasar memainkan alat musik tradisional yang baik dan benar.


Ini dia contoh media audio visual mengenai jenis-jenis musik tradisional berdasarkan sumber bunyinya.

(Sumber : https://youtu.be/TCX32Z17yKE )

Baiklah sahabat blogger itulah contoh media pembelajaran yang menggunakan media audio visual.

Semoga konten kali ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini 😁

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis swot 8 standar pendidikan

Analisis SWOT Sistem Informasi Manajemen di lembaga sekolah formal