CONTOH MEDIA PEMBELAJARAN

  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo sahabat blogger😁 kembali lagi bersama saya Risa Apriani, kali ini saya akan memberikan konten mengenai contoh media pembelajaran. Yuu simak terus 


Contoh Media Pembelajaran

Tugas ini diajukan untuk memenuhi tugas individu Mata Kuliah Manajemen Sumber Belajar yang disusun oleh :



Nama : Risa Apriani

Prodi/ Semester : MPI / 3

NIM : 1920.04.013

Dosen pengampu : Bapak M. Robie Awaluddin, S.M. Pd



Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Institut Agama Islam Sahid Bogor






Di video kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai contoh media pembelajaran, media pembelajaran yang saya buat yaitu Pohon Misteri. Wah kenapa ya di namakan pohon misteri ? 😅 Jadi media pembelajaran pohon misteri ini dimanapdimana didik disuruh untuk memilih salah satu buah yang ada di pohon, dan tentunya peserta didik belum tahu isi dari buah tersebut.


Terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai media pembelajaran.

Pengertian media mengarah pada sesuatu yang dapat meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan menyampaikan pesan atau informasi (AECT dalam Arsyad, 2011). Masih dari sudut pandang yang sama, Kemp dan Dayton (1985:3), mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sender) kepada penerima pesan atau informasi (receiver) (Kartika, 2008). Sejalan dengan hal tersebut Munadi (2012) menyatakan bahwa “media merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif”. 


Media pembelajaran dapat dikatakan sebagai alat bantu pembelajaran, yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini masih cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang digunakan untuk tujuan pembelajaran. ( Sumber : http://edel.staff.unja.ac.id/blog/artikel/Pengertian-Media-Pembelajaran.html )

Baiklah sahabat blogger semuanya untuk lebih jelasnya kita tonton tayangan video contoh media pembelajaran yang saya upload ini


. Budayakan menonton sampai selesai yaa😁





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis swot 8 standar pendidikan

Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran

Analisis SWOT Sistem Informasi Manajemen di lembaga sekolah formal